Rabu, 03 September 2014

PHYCOCYANIN RAJANYA PIGMEN

Manfaat phycocyanin yang terdapat dalam kandungan Spirulina Pasifica tidak ada habisnya karena memang banyak manfaat yang dapat dipetik dari pigmen alami ini.

Efek antiradang

Efek antiradang dari phycocyanin telah diuji dan ternyata mampu mereduksi edema,melepaskan histamin serta mengaktifkan mycloperoxidase,levelprostaglandin dan keukotriene di dalam jaringan yang telah meradang.Phycocyanin mampu menghambat aktivitas cycooxygenase 2 dan melepaskan histamin dari sel-sel penyangga


Efek perilindungan saraf

Phycocyanin juga telah diteliti mampu mereduksi level tumor necrosis 9TNF pada serum darah tikus percobaan .kandungan phycocyanin sebanyak 1-3 mg per ml serum dapat mencegah kematian sel.Kemampuan phycocyanin dalam melindungi sel kemungkinan besar disebabkan oleh kemampuannya sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas untuk merusak sel. Kemampuan neuroprotektif ini membuat phycocyanin dapat membantu pencegahan berbagai penyakit akibat komunikasi sel yang buruk seperti penyakit alzheimer,parkinson dan huntington

Menghambat pertumbuhan virus HIV

Konsumsi alga hijau biru juga dapat menghambat pertumbuhan virus HIV.Berdasarkan studi yang dilakukan oleh The Natural Products Branch of the National Cancer Institute pada alga hijau terdapat komponen sulfolipid yang dapat mencegah penetrasi virus ke dalam sel. Di dalam Spirulina terdapat 5-8 persen lemak dimana 2-5 persennya berupa sulolipid..
Penelitian yang dilakukan oleh Laboratory if Viral pathogenesis Dana Farber Cancer Institute dan harvard Medical School Massachusets, USA pada tahun 1996 telah membuktikan bahwa spirulina dalam konsentrasi 5-10 gr per ml ekstak mampu menghambat pembelahan selHIV 1. hal ini disebabkan spirulina memiliki kalsium spirulan yaitu molekul polimerisasi gula berisi kalsium dan sulfur.Konsumsi spirulina terbukti memberikan masa hidup lebihlama pada pasien AIDS.

Sumber : Khasiat warna-warni makanan , Made Astawan, Andreas Leomitro Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar